Tuesday, October 20, 2009

Gejala-gejala gempa

Buat bisa mendeteksi gempa kita harus tahu dulu gejala-gejala apa yang ada sebelum gempa bumi terjadi. Berdasarkan penilitian saya saya menemukan beberapa gejala-gejala alam yang dapat terlihat jika akan terjadi gempa bumi. Gejala-gejala ini disebabkan oleh gelombang elektromagnetis yang berkekuatan besar muncul dari dasar bumi. Gelombang elektromagnetis
berkekuatan besar itu sendiri terjadi akibat adanya patahan atau pergeseran lempeng bumi. Beberapa gejala tersebut antara lain:

1. Awan berbentuk angin tornado

Lihat ke langit apakah ada awan berdiri berbentuk angin tornado/pohon/ batang, , itu adalah awan gempa yang biasanya muncul sebelum gempa terjadi. Awan yang berbentuk aneh itu terjadi karena adanya gelombang elektromagnetis “menghisap” daya listrik di awan, oleh karena itu bentuk awannya jadi seperti kesedot ke bawah. Tapi munculnya awan gempa seperti itu di langit tidak selalu berarti akan ada gempa, bisa saja memang bentuknya seperti itu.

2. Alat listrik tidak bekerja semestinya

Alat-alat elektronik sangat mudah terpengaruh oleh gelom

bang elektromagnetik. Alat-alat elektronik itu akan terganggu kalau ada gelombang elektromagnetik. Seperti TV akan mengeluarkan suara brebet, mesin fax lampunya akan kedip-kedip biarpun tidak mengirim data, dan pas menerima data teksnya akan berantakan. Lampu neon juga akan menyala redup/remang-remang biarpun tidak ada arus listrik. Kalo semua hal itu terjadi, itu berarti ada gelombang elektromagnetis luar biasa yang sedang terjadi tapi tidak terlihat dan tidak dapat dirasakan oleh manusia.

3. Hewan-hewan berlarian atau bertingkah aneh

Insting hewan biasanya tajam dan hewan bisa merasakan gelombang elektromagnetis.

Jika ada gelombang elektromagnetik mereka akan seperti “menghilang”, lari atau bertingkah aneh/gelisah.

4. Air tanah

Air tanah juga akan tiba-tiba menjadi surut tidak seperti biasanya kalau ada gelombang elektromagnetik.

Jika empat tanda ini ada atau terlihat dalam waktu bersamaan, kemungkinan besar menunjukkan memang akan ada gempa berkekuatan besar, walaupun tidak bisa dipastikan kapan gempa terjadi. Kalau skala gempanya besar dan episentrumnya terletak di laut, kita harus selalu waspada akan datangnya gelombang tsunami. Tingginya gelombang bisa puluhan meter, bisa juga hanya dua meter. Tapi biarpun hanya dua meter, gelombangnya tidak main-main. Kekuatannya dahsyat dan tekanannya bisa mencapai 190 kilogram.

1 comment: